Kamis, 30 September 2010

Shalat Tahajjud Berjama'ah



Apa hukum shalat malam (tahajjud) berjama’ah? (pertanyaan jalsah munakh Unlam)
Jawab

Shalat tahajjud termasuk dalam qiyam al lail. Shalat tahajjud dapat dilakukan dengan sendirian (munfarid) maupun berjamaah, karena Nabi saw pernah melakukan keduanya.Meskipun lebih banyak secara munfarid (Ibnu Qudamah, al mughni1/811, Mahmud ‘Abdul lathif Uwaidhah dalam Tuntunan shalat berdasarkan quran dan hadist hal. 798).

Adapun dalil bolehnya shalat qiyam lail (termasuk tahajjud) secara berjama’ah adalah sebagai berikut:
1.        Hadist dari Hudzaifah, beliau menceritakan.
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ
قَالَ وَفِي حَدِيثِ جَرِيرٍ مِنْ الزِّيَادَةِ فَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Pada suatu malam, saya shalat (Qiyamul Lail) bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau mulai membaca surat Al Baqarah. Kemudian saya pun berkata (dalam hati bahwa beliau) akan ruku' pada ayat yang ke seratus. Kemudian (seratus ayat pun) berlalu, lalu saya berkata (dalam hati bahwa) beliau akan shalat dengan (surat itu) dalam satu raka'at. Namun (surat Al Baqarah pun) berlalu, maka saya berkata (dalam hati bahwa) beliau akan segera sujud. Ternyata beliau melanjutkan dengan mulai membaca surat An Nisa` hingga selesai membacanya. Kemudian beliau melanjutkan ke surat Ali Imran hingga selesai hingga beliau selesai membacanya. Bila beliau membaca ayat tasbih, beliau bertasbih dan bila beliau membaca ayat yang memerintahkan untuk memohon, beliau memohon, dan bila beliau membaca ayat ta'awwudz (ayat yang memerintahkan untuk memohon perlindungan) beliau memohon perlindungan. Kemudian beliau ruku'. Dalam ruku', beliau membaca: "SUBHAANA RABBIYAL 'AZHIIM (Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung)." Dan lama beliau ruku' hampir sama dengan berdirinya. Kemudian beliau membaca: "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Maha Mendengar Allah akan orang yang memuji-Nya)." Kemudian beliau berdiri dan lamanya berdiri lebih kurang sama dengan lamanya ruku'. Sesudah itu beliau sujud, dan dalam sujud beliau membaca: "SUBHAANA RABBIYAL A'LAA (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi)." Lama beliau sujud hampir sama dengan lamanya berdiri. Sementara di dalam hadits Jarir terdapat tambahan; Beliau membaca: "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH RABBANAA LAKAL HAMDU (Allah Maha Mendengar akan orang yang memuji-Nya, Ya Tuhan kami bagi-Mu segala puji)." (HR. Muslim no. 1291)
Imam muslim telah memasukkan hadist ini dalam bab “disenangi (dianjurkan) memperpanjang bacaan dalam shalat malam (استحباب تطويل القراءة في صلاة الليل). Artinya hadist di atas dapat dijadikan dalil yang menunjukan bahwa Nabi mendiamkan (membolehkan) sahabat untuk mengikuti beliau (menjadi makmum) pada shalat malam yang beliau lakukan. Karena seandainya hal tersebut haram tentu Nabi akan melarangnya.
2.    Hadist dari Ibnu ‘Abbas, beliau menceritakan:
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِرَأْسِي مِنْ وَرَائِي فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ فَصَلَّى وَرَقَدَ فَجَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ وَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ
"Pada suatu malam aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan aku berdiri di samping kirinya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kemudian memegang kepalaku dari arah belakangku, lalu menempatkan aku di sebelah kanannya. Beliau kemudian shalat dan tidur setelahnya. Setelah itu datang mu'adzin kepada beliau, maka beliau pun berangkat shalat dengan tidak berwudlu lagi." (Hr. Bukhari no. 684)
Berdasarkan kedua hadist di atas jelaslah bahwa shalat tahajjud dapat dilakukan secara berjama’ah.
Perlu kami tambahkan disini, bahwa juga diperbolehkan melakukan shalat dhuha secara berjama’ah sebagaimana diperbolehkan secara munfarid )al jami’li ahkami ash shalah 2/399).  Hal ini berdasarkan hadist dari ‘Itban bin Malik yang meriwayatkan sebagai berikut:
أن رسول الله ^ صلى في بيته سُبحة الضحى، فقاموا وراءه فصلوا بصلاته
Bahwa Rasulullah saw melaksanakanshalat dhuha di rumahnya, lalu orang-orang berdiri di belakangnya dan mengikuti shalatnya. (Hr. Bukhari, Ahmad, Muslim, dan Ibnu Khuzaimah).
Yogyakarta, 30 September 2010/21 Syawwal 1431 H.
Wahyudi Abu Syamil Ramadhan

Tidak ada komentar: