Rabu, 03 Februari 2010

NASYRAH TENTANG JUAL BELI DUA TRANSAKSI

NASYRAH TENTANG JUAL BELI DUA TRANSAKSI

DALAM SATU TRANSAKSI

Dalam satu nasyrah yang membahas hukum seputar jual beli kredit (bai’u bit taqsid) disingggung tentang pembahasan dua akad. Berikut perinciannya.

واما ما رواه احمد (نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن صفقتين في صفقة ) فالمراد منه وجود عقدين في عقد واحد كأن يقول : بعتك داري هذه على ان ابيعك داري الاخرى بكذا او على ان تبيعني دارك او على ان تؤجرني دارك، او على ان تزوجني بنتك فهذا لا يصح لان قوله بعتك داري عقد، وعلى ان تبيعني دارك عقد ثان واجتمعا في عقد واحد فهذا لا يجوز وليس المراد من الحديث النهي عن زيادة الثمن لاجل تأخير الدفع .

Artinya:

Adapun hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad bahwasanya Nabi saw melarang dari 2 transaksi dalam dalam satu transaksi (صفقتين في صفقة) . maka yang dimaksuk adalah melarang keberadaan 2 akad dalam satu akad. Seperti perkataan: “Aku jual rumahku ini padamu dengan syarat engkau beli rumahku yang lain atau dengan syarat engkau menjual rumahmu padaku atau dengan syarat engkau sewakan rumahmu padaku atau engkau nikahkan anakmu padaku”. Maka akad seperti ini tidak sah karena perkataan aku jual rumahku padamu adalah satu akad sedangkan perkataan dengan syarat engkau jual rumahmu padaku adalah akad kedua dan keduanya terhimpun dalam satu akad. Maka akad seperti ini haram. Tapi hadist ini tidak berlaku untuk konteks jual-beli kredit.

واما ما رواه ابو داود من ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ( من باع بيعتين في بيعة فله اوكسهما او الربا ) فالمراد منه حصول بيعتين تامتين في عقد بيع واحد كأن يقول : بعتك هذه السلعة باربعمائة نقدا وبخمسمائة الى سنة فيقول اشتريت دون ان يعين احدهما بان ...... ولا يجزم ببيع واحد فيكون قد تم الشراء نقدا والى سنة في وقت واحد في بيعة واحدة فهذا لا يجوز .

وكأن يقول : بعتك هذه السلعة بعشرة دنانير عراقية وبخمسة عشر جنيها مصريا ويقول اشتريت على الابهام دون ان يعين احدهما فهذا كله لا يصح .

Adapun hadist yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud bahwasanya Nabi saw bersabda: “Siapa saja yang melakukan jual-beli dengan dua akad dalam satu akad maka baginya kerugian atau riba”. Yang dimaksud hadist ini adalah larangan melakukan dua akad dalam yang terhimpun dalam satu akad jual beli.seperti perkataan: “Aku jual barang ini kepadamu dengan harga 400 nuqud (satuan untuk perak) dan dengan harga 500 nuqud dalam tempo satu tahun. Kemudian pihak pembeli menyatakan: “saya beli” tanpa menentukan salah satu dari dua harga yang ditawarkan. Maka jual beli seperti ini tidak dibolehkan.

Atau seperi perkataan: “ Aku jual barang ini kepadamu dengan harga 10 dinar irak atau 15 pound mesir”. Kemudian pembeli mengatakan: “saya beli” tanpa menentukan salah satu dari dua harga yang ditawarkan. Maka jual beli seperti ini tidak sah.

Dikutip dari nasyrah dengan tanggal 15 Muharram 1377 H atau 12 Agustus 1957.

Wahyudi Abu Syamil Ramadhan

Yogyakarta, 31 Januari 2010

Tidak ada komentar: