Apa hukum shalat malam (tahajjud) berjama’ah? (pertanyaan
jalsah munakh Unlam)
Jawab
Shalat tahajjud termasuk dalam qiyam al lail.
Shalat tahajjud dapat dilakukan dengan sendirian (munfarid) maupun
berjamaah, karena Nabi saw pernah melakukan keduanya.Meskipun lebih banyak
secara munfarid (Ibnu Qudamah, al mughni1/811, Mahmud ‘Abdul lathif
Uwaidhah dalam Tuntunan shalat berdasarkan quran dan hadist hal. 798).
Adapun dalil bolehnya shalat qiyam lail (termasuk
tahajjud) secara berjama’ah adalah sebagai berikut:
1.
Hadist dari
Hudzaifah, beliau menceritakan.
صَلَّيْتُ
مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ
الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّي
بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ
فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا
إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ
وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ
رَبِّيَ الْعَظِيمِ فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ
اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ
سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ
قِيَامِهِ
قَالَ
وَفِي حَدِيثِ جَرِيرٍ مِنْ الزِّيَادَةِ فَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ
رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
Dan
telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Pada suatu malam, saya shalat
(Qiyamul Lail) bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau
mulai membaca surat Al Baqarah. Kemudian saya pun berkata (dalam hati bahwa
beliau) akan ruku' pada ayat yang ke seratus. Kemudian (seratus ayat pun)
berlalu, lalu saya berkata (dalam hati bahwa) beliau akan shalat dengan (surat
itu) dalam satu raka'at. Namun (surat Al Baqarah pun) berlalu, maka saya
berkata (dalam hati bahwa) beliau akan segera sujud. Ternyata beliau
melanjutkan dengan mulai membaca surat An Nisa` hingga selesai membacanya.
Kemudian beliau melanjutkan ke surat Ali Imran hingga selesai hingga beliau
selesai membacanya. Bila beliau membaca ayat tasbih, beliau bertasbih dan bila
beliau membaca ayat yang memerintahkan untuk memohon, beliau memohon, dan bila
beliau membaca ayat ta'awwudz (ayat yang memerintahkan untuk memohon
perlindungan) beliau memohon perlindungan. Kemudian beliau ruku'. Dalam ruku',
beliau membaca: "SUBHAANA RABBIYAL 'AZHIIM (Maha Suci Tuhanku yang Maha
Agung)." Dan lama beliau ruku' hampir sama dengan berdirinya. Kemudian
beliau membaca: "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Maha Mendengar Allah akan
orang yang memuji-Nya)." Kemudian beliau berdiri dan lamanya berdiri lebih
kurang sama dengan lamanya ruku'. Sesudah itu beliau sujud, dan dalam sujud
beliau membaca: "SUBHAANA RABBIYAL A'LAA (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi)."
Lama beliau sujud hampir sama dengan lamanya berdiri. Sementara di dalam hadits
Jarir terdapat tambahan; Beliau membaca: "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH
RABBANAA LAKAL HAMDU (Allah Maha Mendengar akan orang yang memuji-Nya, Ya Tuhan
kami bagi-Mu segala puji)." (HR. Muslim no. 1291)
Imam muslim telah memasukkan hadist ini dalam bab
“disenangi (dianjurkan) memperpanjang bacaan dalam shalat malam (استحباب تطويل القراءة في صلاة الليل). Artinya
hadist di atas dapat dijadikan dalil yang menunjukan bahwa Nabi mendiamkan (membolehkan)
sahabat untuk mengikuti beliau (menjadi makmum) pada shalat malam yang beliau
lakukan. Karena seandainya hal tersebut haram tentu Nabi akan melarangnya.
2.
Hadist dari Ibnu
‘Abbas, beliau menceritakan:
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِرَأْسِي مِنْ وَرَائِي فَجَعَلَنِي عَنْ
يَمِينِهِ فَصَلَّى وَرَقَدَ فَجَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ وَصَلَّى وَلَمْ
يَتَوَضَّأْ
"Pada suatu malam
aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan aku berdiri di
samping kirinya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kemudian memegang
kepalaku dari arah belakangku, lalu menempatkan aku di sebelah kanannya. Beliau
kemudian shalat dan tidur setelahnya. Setelah itu datang mu'adzin kepada
beliau, maka beliau pun berangkat shalat dengan tidak berwudlu lagi." (Hr.
Bukhari no. 684)
Berdasarkan
kedua hadist di atas jelaslah bahwa shalat tahajjud dapat dilakukan secara
berjama’ah.
Perlu kami
tambahkan disini, bahwa juga diperbolehkan melakukan shalat dhuha secara
berjama’ah sebagaimana diperbolehkan secara munfarid )al jami’li ahkami ash shalah
2/399). Hal ini berdasarkan hadist dari
‘Itban bin Malik yang meriwayatkan sebagai berikut:
أن
رسول الله ^ صلى في بيته سُبحة الضحى، فقاموا وراءه فصلوا بصلاته
Bahwa Rasulullah
saw melaksanakanshalat dhuha di rumahnya, lalu orang-orang berdiri di
belakangnya dan mengikuti shalatnya. (Hr. Bukhari, Ahmad, Muslim, dan Ibnu
Khuzaimah).
Yogyakarta, 30 September
2010/21 Syawwal 1431 H.
Wahyudi Abu Syamil
Ramadhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar